OvA : Kamen Rider Ryuki vs Kamen Rider Dragon Knight

Written By Unknown on Jumat, 25 April 2014 | 4/25/2014

Ryuki vs Dragon Knight

Oke balik lagi nih, kali ini saya bikin sebuah kategori baru, OvA, eits jangan salah tafsir, ini bukan Original Video Animation yang terkenal buat serial anime, melainkan singkatan dari Original vs Adaptation, yaitu kategori yang bakal ngebahas tentang film-film original buatan Jepang yang kemudian di adaptasi ke versi lain dari negara lain, saya bakal ngasih perbandingan-perbandingan antara kedua versi tersebut, namun tentu saja, bukan maksud saya untuk menghina atau menjelekan salah satu versinya, dan yang akan saya bandingkan kali ini adalah, serial Kamen Rider Ryuki yang kemudian di adaptasi di Amerika menjadi Kamen Rider Dragon Knight.

- Storyline -

Yang pertama akan dibahas adalah tentang cerita dari kedua serial tersebut, pertama adalah Kamen Rider Ryuki, serial tersebut adalah salah satu seri dari sekian banyak seri Kamen Rider  yang di produksi oleh TOEI Company Ltd. serial ini tayang pada tahun 2002, bercerita tentang seorang ilmuwan bernama Kanzaki Shiro, yang membuat sebuah dunia bernama mirror world (Dunia Cermin), untuk mengubah masa lalu. Di dalam dunia tersebut hidup sekumpulan monster yang tercipta dari imajinasi Kanzaki bersama adiknya, Yui, dimana para monster tersebut mulai memangsa manusia untuk bertahan hidup. Kemudian Kanzaki merekrut beberapa orang untuk ikut dalam sebuah pertempuran rider, dimana pemenangnya akan dikabulkan satu permintaanya, dan dimulailah pertempuran para rider, yang mendapatkan kekuatan dari para monster penghuni mirror world.
Sedangkan Kamen Rider Dragon Knight, dimana serial tersebut adalah sebuah serial adaptasi dari Ryuki, dan di produksi oleh Adness Entertainment. Bercerita tentang Kit Taylor, yang sedang mencari ayahnya yang menghilang, namun justru kemudian dia menemukan sebuah deck yang beisi kartu-kartu aneh, yang kemudian membawanya bertemu dengan Len, seorang prajurit pelindung sebuah dunia bernama ventara, yang telah diserang oleh alien jahat bernama xaviax. Setelah itu, perjalanan mereka dimulai untuk melindungi ventara sekaligus ventara dari serangan xaviax yang merekrut beberapa manusia bumi untuk menjadi Kamen Rider dan melawan Kit berserta Len.

- Karakter -

Kido Shinji - Kit Taylor (Ryuki - Dragon Knight)


Shinji Kido, adalah seorang jurnalis pemula di ORE Journal, yang kemudian menjadi Kamen Rider Ryuki setelah melakukan kontrak dengan Dragreder, seekor monster berbentuk naga yang hidup di mirror world. Dia memiliki sifat yang baik hati dan ramah, dan dari semua Rider yang mengikuti pertermpuran rider, dia satu-satunya yang tidak berkeinginan untuk memenangkan pertempuran tersebut dan mewujudkan keinginanya, dia bertarung menjadi Kamen Rider untuk menyelamatkan manusia dari serangan mirror monster. Karakter Kido Shinji diperankan oleh Takamasa Suga.

Kit Taylor, seorang pemuda yang sednag mencari ayahnya yang menhilang, kemudian dia mendapatkan sebuah deck misterius yang merubahnya menjadi Kamen Rider Dragon Knight. Dia memiliki sifat yang tidak jauh berbeda dengan shinji, baik hati dan ramah. Dia membantu Len (Wing Knight) untuk melawan Xaviax, seorang alien jahat yang menyerang ventara dan bumi. Karakter Kit diperankan Stephen Lunsford.

Ren Akiyama - Len (Knight - Wing Knight)

Ren Akiyama, seorang penyendiri yang bersifat dingin dan angkuh. Dia mengikuti pertempuran rider untuk menyembuhkan kekasihnya, yang mengalami koma setelah diserang oleh darwing, mirror mosnter yang kemudian menjadi monster kontrak miliknya untk merubahnya menjadi Kamen Rider Knight. Meskipun dia tinggal bersama Shinji, namun dia sangat sering berbeda pendapat dengan Shinji, khususnya untuk peperangan rider, mengingta shinji berkeinginan untuk menhentikan pertempuran tersebut, sedangkan Ren ingin memenangkan pertempuran tersebut agar dapat mewujudkan keinginanya. Karakter Ren diperankan oleh Satoshi Matsuda.

Len, adalah seorang prajurit pelindung ventara, dan dapat berubah menjadi Kamen Rider Wing Knight menggunakan Advent Deck. Setelah ventara diserang oleh xaviax, dia berkeinginan untuk mengejarnya dan menyelamatkan penghuni ventara yang telah ditangkap oleh xaviax. Diceritakan bahwa kemudian dia berteman dengan Kit, dan bersama-sama mencoba untuk mengalahkan xaviax. Karakter Len diperankan oleh Matt Mullins.

Dari segi cerita, kedua serial ini memiliki kisah yang berbeda. Ryuki, meskipun bagian dari serial Kamen Rider, namun para rider di serial ini tidaklah benar-benar menjadi seorang pembela kebenaran, mereka bertarung hanya untuk kepentingan mereka sendiri. Bagi saya, ini merupakans sebuah terobosan baru dalam kisah Kamen Rider, jika melihat seri-seri Kamen Rider sebelumnya yang tentu saja, berdasarkan pada plot standar seorang super hero pembela kebenaran, namun Ryuki membawa sebuah kisah yang berbeda, dimana kita akan disuguhi kisah-kisah para manusia yang bertarung demi hasrat mereka sendiri dan dipenuhi intrik dan konflik yang seru untuk diikuti.
Sedangkan Dragon Knight, memiliki plot cerita seperti super hero standar, yaitu sekelompok manusia yang memiliki kekuatan super bertarung melawan seorang penjahat yang berniat menguasai bumi. Namun meski begitu, bukan berarti Dragon Knight tidak memiliki sesuatu yang asik, justru mereka punya sajian lain yang cukup bagus sekalipun ceritanya terkesan standar. Banyak unsur-unsur baru yang mereka tambahkan, seperti motor sport yang bisa para rider itu pakai di bumi maupun di dunia di balik cermin, juga sang antagonis utama, xaviax, yang di serial Ryuki tidak ada.

Secara overall, Kamen Rider Ryuki masih lebih baik daripada Kamen Rider Dragon Knight, dimana Ryuki mampun memberikan seuatu yang berbeda dari serial Kamen Rider lainya, namun bukan berarti Dragon Knight menjadi sebuah seri adaptasi yang buruk, menurut saya mereka tetap bisa memberikan keasikan dari segi yang berbeda dari Ryuki, khususnya untuk anda yang menyukai cerita super hero pada umumnya.

Sumber :  Wikipedia 1  |  Wikipedia 2  |  Kamen Rider Wikia

SHARE

About Unknown

3 komentar :

  1. mantap bro artikelnya gua jadi lebih ngerti thanks buat admin nya yang baik hehe

    BalasHapus
  2. saya,tidak pernah menonton kamen rider ryuki ,tapi menurut saya dragon knight sangat asyik diikuti ceritanya,kalau dari segi ceritanya saya tidak terlalu tahu perbedaan keduanya karena saya memang tidak pernah menonton kamen rider ryuki,tapi dragon knight lebih terkesan canggih.

    BalasHapus
  3. Ada link dragon knight gk bang

    BalasHapus