Review - Haikyuu!!

Written By Unknown on Kamis, 02 Oktober 2014 | 10/02/2014

Haikyuu!!

Halo teman-teman semua, pertama kalinya nih saya mau review anime, dan anime pertama yang mau saya review adalah Haikyuu!!, yang berakhir belum lama ini dan menjadi salah satu anime favorit saya. Yosh, langsung aja ...

Haikyuu bercerita tentang Hinata Shoyo, seorang pemuda yang sangat menyukai voli, kesukaanya diawali ketika dia masih kelas 6 SD, dia melihat aksi seorang pemain yang dijuluki "Raksasa Kecil" karena kemampuanya melakukan "spike" melewati hadangan 3 blok sekaligus meskipun memiliki tubuh kecil. Hingga 3 tahun kemudian di SMP, dia akhirnya mengikuti turnamen voli pertamanya, dan berhadapan dengan SMP lain yang memiliki seorang "setter" (di Indonesia biasa disebut toser) jenius yang dijuluki "Raja Lapangan" bernama Kageyama Tobio. Akhirnya tim sekolahnya mampu dikalahkan dengan mudah oleh tim Kageyama, dan sempat terjadi pergolakan batin antara Hinata dan Kageyama, yang membuat Hinata bersumpah untuk mengalahkan Kageyama di pertemuan berikutnya. Namun takdir berkata lain, Hinata yang sengaja memilih masuk ke SMA Karasuno dengan harapan dapat membalas Kageyama, justru dikejutkan karena Kageyama ternyata masuk ke sekolah itu juga. Seiring berjalanya waktu, dengan berbagai persaingan pribadi dan pertengkaran mereka, perlahan mereka justru menjadi duet maut yang ditakuti oleh lawan-lawan SMA Karasuno.
Haikyuu!! menjadi satu dari sedikit anime bertema olahraga yang saya tonton. Karena sejujutnya, saya sendiri kurang menyukai anime dengan tema tersebut, bukan karena saya tidak suka olahraga, tapi biasanya cerita yang dibawakan oleh anime dengan tema ini kepalang lebai, apalagi dengan di bumbui "jurus-jurus" aneh yang sangat susah diterima akal sehat, padahal anime dengan tema olahraga biasanya bukanlah anime-anime dengan tema supernatural ataupun fantasi, kalau untuk anime dengan tema-tema itu, saya tidak mempermasalahkan keberadaan jurus-jurus aneh tersebut. Pada awalnya, saya juga sempat ragu untuk menonton Haikyuu!!, namun karena terdorong rasa penasaran, dan (bukanya sombong), saya sendiri juga dulunya sempat jadi atlet voli (meskipun tanpa prestasi yang spesial), jadinya saya coba untuk menonton anime ini.

Ternyata setelah saya mulai menonton anime ini, saya merasa cukup terhibur, dan lebih dari itu, jiwa atlet saya seolah tergugah lagi (saya sendiri yang lebay ternyata). Bukanya Haikyuu!! terlepas dari cerita-cerita yang kelewat lebay, masi banyak bagian-bagian yang bisa dikategorikan lebay, misalnya saya saat melakukan "spike", masih sempat-sempatnya flasback, padahal timing untuk "spike" itu sangat singkat, mungkin cuma hitungan detik. Tapi yasudahlah, namanya juga anime. Yang membuat saya terkesan dengan anime ini dibandingkan dengan anime sejenisnya (bertema olahraga), bagaimana anime ini membangun ceritanya, dan memperlihatkan perjalanan Hinata, bagaimana dia membangun kemampuan yang dimilikinya dengan latihan fisik, latihan-latihan dasar voli, hingga mengalami nervous saat pertama kali melakukan pertandingan saat SMA, hingga depresi ketika mengalami kegagalan, semuanya terkesan real, mengingat saya sendiri juga pernah mengalami hal-hal yang coba digambarkan dalam anime ini. 
Sebelumnya saya sedikit menyinggung mengenai "jurus-jurus" aneh di anime bertema olahraga, Haikyuu!! juga mungkin memiliki hal itu, misalnya saja duet Kageyama-Hinata tadi yang kemudian melahirkan serangan yang disebut "serangan cepat aneh", yaitu Kageyama yang terkenal dengan umpan cepatnya, kemudian bola umpan Kageyama tadi dipukul oleh Hinata yang memiliki kecepatan dan kelincahan, yang aneh adalah Hinata memukul bola umpan Kageyama tanpa melihat arah bola datang. Aneh memang, khususnya untuk melakukan "spike" tanpa melihat bola, tapi secara umum, serangan cepat maca itu bisa dilakukan di dunia nyata, tentunya membutuhkan pengertian yang baik antara "setter" dan "spiker". 

Selain itu, lagu pembukan anime ini juga cukup membangun semangat dan mengisnpirasi, khusunya opening pertamanya, yang berjudul "Imagination" dari grup musik SPYAIR. Dengan beat yang cukup tinggi, dan jika lagu berbahasa Jepang ini diterjemahkan ke bahasa Indonesia, memiliki maksud yang dapat memberikan motivasi, khususnya untuk mereka para atlet, bukan hanya atlet voli, namun olahraga secara umum.

Yap, mungkin itu saja yang bisa saya review dari anime Haikyuu!!, sekedar informasi untuk temen-temen, khususnya yang belum nonton anime ini, para user MyAnimeList memberikan skor sebesar 8.70 untuk anime ini, jadi bisa dibilang worth to wacth lahh, lumayan recomended buat temen-temen pecinta anime olahraga.

SHARE

About Unknown

0 komentar :

Posting Komentar