Home » , , , » Review : Kamen Rider Kuuga

Review : Kamen Rider Kuuga

Written By Unknown on Kamis, 27 Maret 2014 | 3/27/2014

1st Heisei Rider : Kuuga

Halo semua, kali ini saya mau sedikit ngasih review tentang rider heisei yang pertama, yang beberapa waktu lalu saya download & tonton ulang, siapa lagi kalau bukan Kamen Rider Kuuga. Kuuga sendiri tayang pada tahun 2000, tepatnya dari tanggal 30 Januari 2000 hingga 21 Januari 2001. Kisahnya adalah tentang keberadaan makhluk bernama Grongi, yang memburu dan membunuh kaum Linto (manusia) di masa lalu, kemudian munculah seorang ksatria yang membela kaum Linto dan melawan para Grongi. Setelah berhasil menumpas para grongi, ksatria tersebut menyegel para grongi beserta dirinya sendiri. Namun setelah ribuan tahun berlalu, sekelompok arkeolog menggali tempat ksatria tersebut, dan berhasil menemukan jasad dari ksatria tersebut yang masih mengenakan belt, mereka yang penasaran melepaskan belt tersebut dari jasad ksatria tersebut, yang malah membangkitkan salah satu grongi, dimana kemudian grongi tersebut menyerang para arkeolog itu dan membangkitkan teman-teman sebangsanya yang tersegel di daerah tersebut. Dari situlah awal petualangan dan perjuangan Godai Yuusuke, seorang pemuda yang selalu ceria dan suka berkelana, diawali rasa penasaranya terhadap sesuatu yang terjadi di tempat terbunuhnya para arkeolog tadi, hingga akhirnya dia mendapatkan sebuah kekuatan besar ksatria masa lalu, yang bernama Kuuga. Pertarungan sengit melawan para Grongi yang mulai membunuh manusia-manusia tak berdosa dengan berbagai peraturan aneh yang disebut Gegeru.


Godai Yuusuke
Kuuga Arcle (Belt)
Form-form Kuuga
1. Growing
 
Inilah bentuk awal perubahan Kuuga, yaitu Kuuga dengan warna putih. Merupakan form terlemah dari semua form yang dimiliki Kuuga. Jika saat menggunakan form lain, dan Kuuga mengalami luka berat, maka dia akan secara otomatis kembali ke form ini. Jurus andalan form ini adalah "Growing Kick", yaitu melakukan Rider Kick sebanyak 3 kali berturut-turut, maka kekuatanya akan setara dengan rider kick dengan Mighty Form.
2. Mighty
Ini adalah form standar dari kuuga dan merupakan form yang paling stabil antara kekuatan maupun kecepatanya. Jurus andalanya adalah "Mighty Kick", yaitu melakukan Rider Kick untuk menghancurkan lawanya. Form-ini mengalami power up atau peningkatan kekuatan, yaitu menjadi Rising Mighty Form.
Secara bentuk, tidak terlalu ada perbedaan, hanya bertambah warna emas di beberapa bagian tubuh dan "Mighty Anklet", yaitu sebuah plat berwarna emas yang menambah kekuatan di kaki kanan Kuuga. Jurus andalanya adalah "Rising Mighty Kick", serupa dengan "Mighty Kick", namun daya pernghancurnya jauh lebih hebat dari jurus Mighty Kick, karena musuhnya akan hancur dan meledak hingga radius beberapa kilometer.
3. Dragon 


Form Kuuga berwarna biru. Pada form ini, Kuuga mengalami peningkatan kekuatan pada kelincahan dan lompatanya. Kuuga Dragon juga dipersenjatai dengan "Dragon Rod", yaitu tongkat yang di dapatkan ketika Kuuga menyentuh benda panjang. Sama halnya dengan Mighty form, Dragon form juga mengalami power up, menjadi Rising Dragon Form.


Dengan form ini, dragon rod mengalami sedikit perubahan, yaitu menjadi lebih panjang dan memiliki warna emas dikedua ujungnya, core belt-nya juga menjadi warna emas. Jurus andalan dari Kuuga Dragon dan Rising Dragon form adalah "Splash Dragon" dan "Rising Splash Dragon".


3. Pegasus


Form berwarna hijau Kuuga. Pada form ini, seluruh indera kuuga mengalami peningkatan yang luar biasa, sehingga dia dapat merasakan musuh dari jarak jauh maupun musuh yang dapat berkamuflase (menghilang). Karena kekuatan itulah, form ini yang paling banyak menguras tenaga dari Godai, sehingga jika dia kehabisan tenaga pada form ini, dia akan kembali menjadi Growing form dan tidak dapat berubah selama 2 jam. Pegasus form bersenjatakan "Pegasus Bowgun", dan jurus andalanya adalah "Blast Pegasus". Power up dari form ini disebut "Rising Pegasus Form".


Dengan bentuk ini, kekuatan Pegasus form meningkat 2 kali lipat. Jurus andalanya adalah "Rising Pegasus Blast", pegasus bowgun mengeluarkan 3 peluru dalam satu kali tembakan.


4. Titan


Bentuk perubahan kuuga berwarna ungu. Memiliki kelebihan dalam pertahanan, sehingga kuuga dapat menahan serangan musuhnya dengan form ini. Form ini bersenjatakan "Titan Sword", jurus andalanya adalah "Calamity Titan", yaitu dengan menusukan titan sword ke tubuh musuhnya. Power up form ini disebut "Rising Titan Form".


Dengan form ini, kekuatan pertahanan kuuga makin meningkat, dan dapat menggunakan sekaligus 2 "Rising Titan Sword". Jurus andalanya adalah "Rising Calamity Titan".


5. Amazing Mighty


Merupakan gabungan dari 4 rising form, atau setelah Godai dapat menggunakan kekuatan emas (kekuatan Rising) secara penuh. Bentuknya menyerupai rising mighty form, dengan core belt berwarna emas, namun armor kuuga menjadi hitam, dan "Mighty Anklet" menjadi 2, di kaki kanan dan kaki kiri. Jurus andalanya adalah "Mighty Kick", yaitu melakukan rider kick dengan kedua kakinya, dan musuhnya akan meledak dan hancur lebur.


6. Ultimate Kuuga (Red-Eye)


Inilah bentuk dari final form Kuuga, yaitu gabungan kekuatan seluruh form kuuga sebelumnya. Warna tubuh Kuuga menjadi kombinasi hitam dengan garis berwarna emas, dan tanduk-nya menjadi 5. Pada awalnya, Godai tidak ingin mencapai form ini, karena berdasarkan tulisan kuno di peti ksatria kuuga masa lalu, form ini dikatakan sebagai "Ksatria yang akan membawa kegelapan". Namun karena sifat yang baik hati dari Godai, serta kemampuanya untuk menguasai "Rising Form", akhirnya dia mampu mencapai form ini tanpa harus menjadi "Ksatria yang ditakuti", dan menggunakan form ini untuk melawan makhluk tidak dikenal no.0 (Daguva).

Itulah sedikit tentang bentuk-bentuk perubahan yang dimiliki Kuuga. Namun dalam melawan musuhnya, dia tidaklah bekerja sendirian, ada beberapa orang yang ikut serta membantunya melawan para grongi, beberapa diantaranya adalah :

Kaoru Ichijo


Kaoru Ichijo adalah seorang polisi yang selalu membantu Kuuga dalam pertarungan. Awalnya dia mengira bahwa Kuuga adalah salah satu dari grongi (makhluk tidak dikenal), namun kemudian Kuuga justru menyelamatkanya saat diserang oleh salah satu grongi. Dia juga lah yang memberikan Godai motor untuk membantunya melawan para Grongi, yaitu Trychaser 2000 dan Beatchaser 2000.

 Beatchaser 2000 (Hitam Merah)
Trychaser 2000 (Merah Putih)

Sawatari Sakurako

Dia adalah teman baik Godai, dan seorang peneliti sejarah. Dia membantu Godai menerjemahkan bahasa kuno "Linto" yang menjelaskan rahasia tentang Kuuga dan Grongi, pada awalnya dia menolak untuk membantu Godai, namun setelah Godai berhasil meyakinkanya, akhirnya dia mau membantu Godai.

Mesin Armor Gouram

Gouram adalah sebuah makhluk misterius yang bentuknya menyerupai kumbang. Dia adalah "pelayang setia" dari Kuuga, dan dia hanya bisa diaktifkan jika disentuh oleh Godai karena pengaruh dari "amadam" (batu inti dari belt kuga). Dia bisa menyatu dengan kendaraan Kuuga, menjadi TryGouran ketika menyatu dengan Trychaser 2000 dan menjadi BeatGouram ketika bergabung dengan Beatchaser 2000.

Daguva
Daguva (makhluk tidak dikenal no.0) adalah grongi terkuat diantara grongi yang lain. Dengan hanya sedikit kekuatanya, dia mampu membunuh lebih dari 100 grongi. Dialah musuh terakhir yang harus dihadapi oleh Kuuga. Bentuk sempurnanya menyerupai Kuuga Ultimate, bertanduk 5, dan memiliki kekuatan yang identik dengan Kuuga Ultimate, namun berwarna putih dengan kombinasi warna emas.


Kurang lebih itulah yang bisa saya sampaikan tentang Kamen Rider Kuuga. Serial kamen rider pertama di era heisei, yang bisa dikatakan juga menjadi pembangkit "gairah" dari serial kamen rider setelah vakum cukup lama. Lumayan seru juga ceritanya, scene fight-nya juga keren, lumayan banyak adegan kebut-kebutanya juga. Kalau mau download, silahkan cek DISINI
Oke, sampai jumpa di lain kesempatan ... 


Thanks to :







SHARE

About Unknown

2 komentar :

  1. Gw suka bnget kuuga kamen rider dengan power terkuat.. Kemampuan pyrokinesis. Indra ke enam.daya tahan yg kuat. . Paling kuat dah.. Rider kick dri kamen rider lain mah bagaikan hembusan angin buat ultimate kuuga mah. :D

    BalasHapus
  2. Trus kuuga salah satu dari sedikit kamen rider yg bisa bettle pake motor. Bettle'y keren . Lupa episode berapa :D. Ane suka ma post ente bro. Salam knal.

    BalasHapus